banner 1280x180

Capaian Vaksinasi COVID-19 di Parimo 50,85 Persen

  • Bagikan
Kegiatan penyusunan strategis percepatan pencapaian vaksinasi dan penanganan COVID-19 yang berlangsung di Hotel Anutapura Parigi, Kamis, 9 Desember 2021. (Foto: Istimewa)

JURNAL LENTERA – Capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, 8 Desember 2021, telah mencapai 50,85 persen.

“Data pencapaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Parimo sesuai data yang ada, per tanggal 8 Desember 2021, sudah mencapai 50,85 persen,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parimo, Asmarafia, S.Si., A.Pt, saat menghadiri penyusunan strategis percepatan pencapaian vaksinasi dan penanganan COVID-19 yang berlangsung di Hotel Anutapura Parigi, Kamis, 9 Desember 2021.

Dia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membuat kesepakatan dan strategi dalam percepatan pencapaian target vaksinasi hingga akhir Desember 2021, sebesar 70 persen.

Selain itu, memastikan tersedianya stok vaksin sesuai kebutuhan.

Dari 23 kecamatan yang ada, kata dia, wilayah paling tertinggi vaksinasinya Kecamatan Balinggi dengan capaian 78,16 persen.

BACA JUGA: Capaian Vaksinasi di Parimo 32,85 Persen

BACA JUGA: Program Percepatan Vaksinasi, Polres Parimo Targetkan 2000 Dosis Per Hari

Sedangkan kecamatan yang terkendala, yaitu Kecamatan Toribulu, dengan capaian vaksinasi 27,95 persen.

Berdasarkan capaian tersebut dalam upaya melakukan percepatan vaksinasi tidak hanya dilakukan oleh Dinkes sendiri.

“Penting untuk diketahui, semua berkat Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parimo melalui Wakil Bupati Badrun Nggai, SE, yang tidak hentinya memberikan support kepada kami. Begitu juga TNI-Polri dan jajaran medis serta akademisi hingga para camat maupun para Kepala Desa yang turut membantu dalam pelaksanaannya,” jelasnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah (Setda) Parimo, Drs. Samin Latandu, mengatakan selaku pemerintah pihaknya sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Dinkes dengan melaksanakan pertemuan penyusunan strategis percepatan pencapaian vaksinasi dan penganangan COVID-19.

Menurutnya, vaksinasi COVID-19 merupakan salah satu langkah krusial yang menentukan kesuksesan untuk mengakhiri pandemi.

Demi mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok, dibutuhkan 70 persen atau sekitar 323.177 penduduk Kabupaten Parimo yang harus di vaksin.

Vaksinasi harus terus dilaksanakan, agar meningkatkan capaiannya hingga 31 Desember.

“Hingga saat ini kita telah melakukan vaksinasi sebanyak 160.437 dosis. Upaya percepatan vaksinasi di Kabupaten Parimo ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran dan contoh langkah konkrit untuk pencapaian kekebalan komunal berbasis wilayah atau pulau,” katanya.

Dia menambahkan, pemerintah pusat bersama Pemda Kabupaten Parimo akan memaksimalkan fungsi fasilitas pelayanan kesehatan dan sentra vaksinasi dengan menambah lokasi maupun tim vaksinator, agar mencapai target 70 persen.

Dia berharap, dengan capaian 50 persen, dapat berhasil hingga 70 persen atau lebih di akhir Desember.

“Kami juga berharap, seluruh Pemerintah Kecamatan yang masih kurang, agar terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi,” tandasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 54  orang yang terdiri, Polres, TNI, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kementerian Agama, Camat se-Kabupaten Parimo, maupun seluruh Kepala Puskesmas.***

BACA JUGA: Pemda Parimo Genjot Capaian Vaksinasi Demi Cegah Gelombang 3 COVID-19

Laporan : Novita Ramadhan

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: KONTEN DILINDUNGI!!