banner 1280x180

Baru Diresmikan, Segini Besaran Anggaran Gedung Puskesmas Moutong

Wabup H. Badrun Nggai, didampingi Kepala Dinkes Parimo, Ellen Ludya Nelwan, saat menggunting pita tanda diresmikannya gedung baru Puskesmas Moutong, Sabtu, 28 Mei 2022. (Foto: dok Prokopim Pemda Parimo)

JURNAL LENTERA, PARIMO – Gedung baru Puskesmas Moutong di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, diresmikan secara langsung oleh Wakil Bupati H. Badrun Nggai, SE., Sabtu, 28 Mei 2022.
Gedung baru Puskesmas Moutong tersebut di bangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parimo senilai Rp 6.361.866.933.

Menurut Kepala Dinkes Parimo, Ellen Ludya Nelwan, S.Sos., M.Kes., pembangunan gedung baru Puskesmas Moutong terdiri dari ruangan rawat inap dan jalan serta satu unit pagar.

Selain itu, gedung baru Puskesmas Moutong juga dilengkapi peralatan kesehatan berupa Keperawatan KIT, UKGS KIT, pemeriksaan set umum, Bidan KIT, dan Lansia KIT.
Ada pula pembangunan rumah dinas dengan model couple satu unit dan dilengkapi sarana air bersih.

BACA JUGA: Wabup Parimo Resmikan Gedung Baru Puskesmas Ampibabo

Pembangunan Puskesmas ini, kata dia, merupakan salah satu realisasi dari program pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat.
Tersedianya fasilitas kesehatan yang memadai merupakan salah satu faktor penunjang bagi paramedis dalam meningkatkan kinerja yang profesional sesuai dengan pelayanan, yang diharapkan oleh masyarakat luas.
Sesuai dengan fungsinya, Puskesmas Moutong merupakan sarana pertama dan utama dalam membantu dan memberikan layanan kesehatan masyarakat. Ketika masyarakat memerlukan layanan kesehatan, sarana atau fasilitas yang paling diperlukan salah satunya adalah Puskesmas.

Dewasa ini, kebutuhan akan layanan kesehatan bagi masyarakat cukup meningkat, sehingga daya tampung Puskesmas pun perlu ditingkatkan. Begitu juga dengan sarana dan fasilitas medis lainnya, perlu ditingkatkan pula.

BACA JUGA: CPNS dan PPPK di Parimo Terima SK Pengangkatan

Hal yang perlu disadari, yaitu kesehatan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia.
Olehnya penting untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan ditunjang sarana maupun fasilitas medis yang memadai.

“Pembangunan Puskesmas ini merupakan suatu ikhtiar dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Kami berharap, agar Puskesmas Moutong ini dapat dimanfaatkan dan dipelihara dengan baik,” ujar Ellen, saat menyampaikan laporannya pada peresmian gedung baru Puskesmas Moutong.

Laporan : Wahab Usman

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.