Belanda Menang Dramatis atas Polandia di Laga Perdana Grup D

Belanda Menang Dramatis atas Polandia di Laga Perdana Grup D
Gol pemain pengganti Wout Weghorst mengantarkan Belanda memenangkan laga lawan Polandia dalam laga matchday 1 Grup D Euro 2024. (Foto: X @OptaAnalyst)

JURNAL LENTERA, JAKARTA – Timnas Belanda memulai laga perdana Grup D dengan kemenangan dramatis 2-1 atas Polandia dalam matchday pertama Piala Eropa (Euro) 2024 di Volksparkstadion, Hamburg, Ahad, 16 Juni 2024, malam. Polandia sempat unggul lebih dulu melalui gol Adam Buksa sebelum tim Oranje membalikkan keadaan lewat dua gol yang dicetak oleh Cody Gakpo dan Wout Weghorst.

Kemenangan ini membuat Belanda memuncaki klasemen sementara Grup D dengan tiga poin, sedangkan Polandia menepati dasar klasemen, demikian dikutip dari laman resmi UEFA. Dua tim Grup D lainnya, Prancis dan Austria baru akan bertanding pada Selasa, 18 Juni 2024, dini hari WIB.

BACA JUGA: Euro 2024: Italia Bangkit Tumbangkan Albania 2-1 di Grup B

Belanda langsung mengancam saat laga belum berjalan dua menit. Cody Gakpo mendapatkan bola di kiri dan melepaskan sepakan yang masih bisa ditepis kiper Polandia, Wojciech Szczesny.

Pada menit ke-9, Belanda mendapatkan peluang bagus. Umpan Jerdy Schouten disambar Tijjani Reijnders, tetapi upaya pemain berdarah Indonesia itu masih melenceng tipis di kanan gawang.

Belanda mendominasi penguasaan bola dan terus memberikan tekanan dahsyat ke daerah pertahanan tim Polandia. Ancaman lain kembali diciptakan Belanda pada menit ke-14. Kali ini melalui sepakan Xavi Simons dari sisi kanan, tetapi arah bola masih melebar ke kiri gawang.

BACA JUGA: Spanyol Lumat Kroasia 3-0 di Grup Neraka Euro 2024

Polandia justru bisa memimpin lebih dahulu pada menit ke-16. Bermula dari skema sepak pojok, umpan lambung ditanduk Adam Buksa di kotak penalti meski dibayangi Virgil van Dijk dan Denzel Dumfries. Polandia 1-0 Belanda.

Belanda melanjutkan tekanannya. Van Dijk mendapatkan kans emas saat sepakan volinya yang menyambut umpan sepak bola masih bisa dihalau oleh Szczesny.

Satu peluang lain gagal dimanfaatkan Belanda tidak lama berselang. Bola terlepas dari kaki Simons dan disambar oleh Memphis Depay di kotak penalti, tetapi bola masih melambung tinggi.

Belanda akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-29. Sepakan Gakpo dari depan kotak penalti membentur Bartosz Salomon sehingga membuat Szczesny mati langkah.

Polandia coba membalas gol itu pada menit ke-32 lewat sepakan Jakub Kiwior yang dapat ditahan kiper Belanda Bart Verbruggen. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Kedua tim sama-sama tampil terbuka di babak kedua. Belanda lanjut menekan Polandia pada melalui sepakan Depay dan Simmons, tetapi kedua upaya itu belum membuahkan hasil.

Polandia balik mengancam pada menit ke-58. Percobaan dari Jakub Kiwior dan Piotr Zielinski belum bisa menaklukkan kiper Bart Verbruggen.

Pelatih Belanda, Ronald Koeman melakukan sejumlah pergantian pemain dengan salah satunya memasukkan Wout Weghorst.

Pergantian itu membuahkan hasil. Belanda berhasil membalikkan kedudukan menjadi 2-1 pada menit ke-83. Umpan terobosan Nathan Ake dari sisi kiri diselesaikan Wout Weghorst, yang tidak terkawal baik, dengan tendangan first-time ke pojok kiri gawang.

Polandia coba mengejar. Tembakan Karol Swiderski ditahan kiper pada menit ke-89.

Tidak ada gol yang tercipta di sisa waktu pertandingan. Belanda memenangi laga perdananya di Piala Eropa 2024.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *