Ragam  

Gubernur Sulteng Akan Terima Penghargaan World Peace Award

Gubernur Sulteng Akan Terima Penghargaan World Peace Award
Presiden WPO Bambang Herry Purnomo, menyerahkan Surat Keputusan bernomor : SKEP/013/WPO-PO/VII/2023 tentang penetapan para tokoh penerima anugerah World Peace Award The Peace Organization WPO kepada Gubernur Rusdy Mastura, di Hotel Kempinsky, Jakarta, pada Selasa, 22 Agustus 2023. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

JURNAL LENTERA, JAKARTA – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H. Rusdy Mastura, akan menerima penghargaan World Peace Award dari World Peace Organzation (WPO). Hal itu ditandai dengan pertemuan antara Gubernur Sulteng bersama Presiden World Peace Organzation (WPO) Bambang Herry Purnomo, di Hotel Kempinsky, Jakarta, pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Dalam pertemuan itu, Presiden WPO menyampaikan bahwa Gubernur Sulteng Rusdy Mastura terpilih sebagai salah satu dari beberapa orang tokoh yang dinilai untuk menerima penghargaan.

Pada kesempatan itu, Presiden WPO juga menyerahkan Surat Keputusan bernomor : SKEP/013/WPO-PO/VII/2023 tentang penetapan para tokoh penerima anugerah World Peace Award The Peace Organization WPO kepada Gubernur Rusdy Mastura.

Menurut Deputy Sekjend WPO Budi Wantoro, proses penilaian dan penetapan para tokoh sebagai penerima penghargaan cukup panjang. Sejak Tim 9 sebagai Penilai yang dipimpin Marsekal Muda I Nyoman Trisantosa dibentuk pada 22 Februari 2023.

BACA JUGA: Gubernur Sulteng Ancam Laporkan Bank Tanah ke Presiden

“Proses penilaian cukup panjang dan sangat alot. Sebab banyak tokoh yang masuk nominasi untuk kemudian di tracking dan selanjutnya pada tahapan akhir ditetapkan sebagai penerima penghargaan,” ujarnya.

Penilaian tersebut dilakukan berdasarkan empat pilar, yaitu Peace, Help, Education dan Prosperity. Keempat pilar tersebut menjadi kunci dan bobot penilaian yang dilakukan oleh Tim 9. Sedangkan Tim 9 yang dibentuk oleh WPO itu terdiri dari beragam latar belakang profesi seperti hukum, HAM, pertahanan keamanan, pendidikan dan kebudayaan.

BACA JUGA: Catat! Jadwal dan Acara di Ivent Sulteng Negeri 1000 Megalit

“Hasil penilaian memang tidak dipublikasi oleh Tim 9, karena menjaga agar tidak ada intervensi yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Selain itu, untuk menghormati sistem kerja dan independensi dari Tim 9,” katanya.

Ia menyebutkan, selain Gubernur Sulteng, para tokoh yang juga terpilih sebagai penerima penghargaan yaitu, Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama, Mr. Sri Chinmoy, PBB, New York, Prof. Dr. Haryono Suyono, MA, Ph.D, Menteri Negara/Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan Indonesia ke 9, Dr. Ir. Ruksamin, MT, IPU Eng, Bupati Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, H. Rusdy Mastura, Gubernur Sulawesi Tengah, YM Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur D.I Jogjakarta dan Dr. Adnan Purichta Ichsan, SH, MH, Bupati Gowa, Sulawesi Selatan.

Sedangkan pelaksanaan penganugerahan penghargaan ini merupakan pesan perdamaian dunia untuk menciptakan perdamaian sejati bagi seluruh manusia. Dengan begitu, tidak ada lagi tindakan kekerasan dan perilaku represif yang dilakukan dimuka bumi ini, khsususnya di Indonesia.

“Khusus jadwal penyerahan Award World Peace tersebut akan dilaksanakan pada 27 Agustus 2023, di Puri Agung, Grand Sahid Hotel, Jakarta,” pungkasnya.

Laporan : Roy Lasakka Mardani/**

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *