Klasemen F1 2024: Verstappen Belum Tergoyahkan di Puncak Klasemen Pembalap

Klasemen F1 2024: Verstappen Belum Tergoyahkan di Puncak Klasemen Pembalap
Pembalap Red Bull Max Verstappen. (Foto: SC Youtube)

JURNAL LENTERA, JAKARTA – Pembalap Red Bull Max Verstappen belum tergoyahkan di posisi puncak klasemen sementara pembalap Formula 1 (F1) 2024 setelah kembali gagal juara pada seri ke-12, yakni GP Inggris di Sirkuit Silverston, Inggris, Ahad, 7 Juli 2024.

Verstappen yang finis di posisi kelima GP Austria pekan lalu, tampil lebih baik di Silverston. Namun, pembalap asal Belanda itu masih kalah 1,465 detik dari driver Mercedes Lewis Hamilton yang memenangi balapan kandang kesembilannya sekaligus mengakhiri puasa kemenangan sejak musim 2021.

BACA JUGA: Verstappen: Saya Masih Mengemudi Untuk Red Bull Di F1 2025

Dengan hasil ini, Verstappen masih memuncaki klasemen sementara dengan 255 poin, unggul 84 poin dari Lando Norris di posisi kedua. Norris finis di posisi ketiga GP Inggris dengan selisih 6,082 detik darinya.

Charles Lecrerc yang tanpa poin di Silverston masih mengamankan posisi ketiga dengan 150 poin, selisih empat poin dari rekan setimnya di Ferrari Carlos Sainz.

Sementara di posisi kelima ditempati oleh Oscar Piastri dengan 124 poin, lalu Sergio Perez dengan 118 poin, George Russell dengan 111 poin, Hamilton dengan 110 poin, Fernando Alonso dengan 45 poin, dan Lance Stroll dengan 23 poin di posisi keenam hingga kesepuluh.

BACA JUGA: Mesin Diinspeksi Honda, Verstappen Terancam Kena Penalti Grid

Kalender F1 2024 akan dilanjutkan di Grand Prix Hungaria tepatnya di Sirkuit Hungaroring, Budapest pada 21 Juli mendatang.

Hamilton emosional

Lewis Hamilton merasa sangat emosional setelah secara spektakuler juara di GP Inggris. Ia mengaku tak bisa berhenti menangis.

“Sudah sejak tahun 2021, setiap hari bangun, berusaha berjuang, berlatih, memusatkan pikiran pada tugas dan bekerja sekeras yang saya bisa bersama tim yang luar biasa ini,” kata pembalap kelahiran Stevenage, Inggris itu, dikutip dari laman resmi F1, Senin, 8 Juli 2024.

Hamilton di belakang rekan setimnya di Mercedes, George Russell pada tahap awal balapan sebelum turunnya hujan mengubah jalannya pacuan. Para pembalap beralih dari ban slick ke ban intermediate dan kemudian kembali ke ban slick.

Keputusan yang menentukan untuk kembali ke balapan slick satu lap lebih awal dari Lando Norris dari McLaren membuat Hamilton memimpin balapan dengan penonton di kandangnya sendiri yang bersorak menyemangati hingga garis finis.

Kemenangan ini tak hanya menjadi pertama Hamilton sejak GP Arab Saudi dua setengah musim lalu, tetapi juga merupakan rekor kemenangan kesembilan di satu venue GP yaitu di Silverston.

“Ini adalah balapan terakhir saya di Grand Prix Inggris bersama tim ini [sebelum pindah ke Ferrari], jadi saya sangat ingin memenangkan ini untuk mereka, karena saya mencintai mereka, saya sangat menghargai mereka, semua kerja keras mereka, telah melakukan semuanya selama bertahun-tahun ini,” ujar dia.

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *