Ragam  

Pesan Kajati Sulteng di Bimtek CPNS Kejaksaan: Laksanakan Perintah Jaksa Agung

Pesan Kajati Sulteng di Bimtek CPNS Kejaksaan: Laksanakan Perintah Jaksa Agung
Kajati Sulteng Bambang Hariyanto, saat memimpin pembukaan Bimtek CPNS yang diselenggarakan di Gedung Bapelkes Kota Palu, Rabu, 15 Mei 2024. (Foto: Dok Kejati Sulteng)

JURNAL LENTERA, PALU – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah (Sulteng), menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bertempat di gedung Bapelkes Kota Palu, Rabu, 15 Mei 2024. Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulteng Dr. Bambang Hariyanto.

BACA JUGA: Kajati Sulteng Temui Gubernur Rusdy Mastura

Dalam sambutannya, Bambang menekankan agar terus melaksanakan perintah Jaksa Agung dalam menjalankan tugas yang tertuang dalam tujuh poin, yaitu tingkatkan kapabilitas, kapasitas, dan integritas dalam mengemban kewenangan berdasarkan undang-undang, kedepankan hati nurani dalam setiap pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan, wujudkan penegakan hukum yang berorientasi pada perlindungan hak dasar manusia, tingkatkan penanganan perkara yang menyangkut kepentingan masyarakat, akselerasi penegakan hukum yang mendukung pemulihan ekonomi nasional, jaga netralitas aparatur kejaksaan guna menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta tingkatkan transparansi akuntabilitas kinerja.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan, sebagai abdi negara harus memiliki pola pikir positif dan berkembang, terus belajar, meningkatkan kerja tim dan menghormati atasan. Hal-hal ini akan membentuk menjadi PNS yang professional.

Selama ini, kata dia, karier PNS dianggap sebagai zona nyaman dengan lahirnmya undnag undang tersebut karier PNS menjadi zona kompetitif. Sehingga akan dicapai kinerja lembaga yang kualitasnya terus meingkat, karena adanya kompetisi pegawai yang sehat dalam menunjukkan kinerjanya yang baik.

BACA JUGA: Kajati Sulteng Resmikan Gedung Kantor Kejari Morowali

“Berlandaskan dengan Tri Krama Adhyaksa dan Core Values ASN Ber-AKHLAK, saya yakin dan percaya bahwa setelah menerima pembelajaran saat Bimtek CPNS ini, kalian akan lebih memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab kalian sebagai PNS dimanapun ditugaskan. Saudara selalu dituntut untuk senantiasa bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peran dan berpedoman pada aturan yang berlaku,” ujarnya.

Ia menambahkan, CPNS tahun ini dilaksanakan pada masing-masing satuan kerja. Meskipun seperti itu, harus dapat memaksimalkan pelaksanakan bimbingan ini kepada para CPNS sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Setelah mengikuti pembelajaran dalam Bimtek CPNS ini, meskipun singkat tetapi seorang PNS diminta untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. Sehingga masyarakat mampu merasakan adanya peningkatan kinerja atas setiap langkah hukum yang di tempuh. Selain itu, berdampak pada meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap institusi yang kita banggakan.

“Kemudian pelaksanaan penegakan hukum yang tajam keatas humanis kebawah. Sehingga dapat menghadirkan Kejaksaan sebagai lembaga yang dipercaya serta mampu memberikan pelayanan prima bagi masyarakat di Sulteng,” pungkasnya.

Laporan : Moh. Reza Fauzi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *