Real Madrid Amankan Hasil Imbang untuk Lolos ke Perempat Final Liga Champions

Real Madrid Hancurkan Celta Vigo untuk Mantapkan Posisi di Puncak Klasemen La Liga
Penyerang Real Madrid Vinicius Jr (Foto: Antara)

JURNAL LENTERA, MADRID – Real  Madrid berhasil menahan gempuran RB Leipzig dan mengamankan hasil imbang 1-1 pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis, 7 Maret 2024, dini hari WIB. Hasil ini meloloskan Los Blancos ke babak perempat final dengan kemenangan agregat 2-1.

RB Leipzig merupakan tim yang lebih baik dan melewatkan beberapa peluang emas. Namun Madrid meningkatkan tempo oada babak kedua hingga akhirnya berhasil memastikan tempat mereka di babak delapan besar.

Mengincar gelar ke-15 di Liga Champions yang merupakan rekor, Real unggul lebih dulu berkat gol Vinicius Jr dari sebuah serangan balik pada menit ke-65. Akan tetapi Willi Orban dari Leipzig menyamakan kedudukan tiga menit kemudian melalui sundulan. Gol yang membuat pertandingan menjadi sangat menegangkan pada menit-menit akhir, yang juga diwarnai dengan satu tembakan Dani Olmo yang membentur mistar gawang.

BACA JUGA: Ancelotti Anggap Man City Favorit Kuat Juara Liga Champions Musim Ini

Meskipun Real memiliki rekor yang tangguh di Eropa, hanya dua kali tersingkir di babak 16 besar dalam 14 tahun terakhir dan lima kali meraih gelar juara dalam kurun waktu tersebut, tim asuhan Carlo Ancelotti mengawali pertandingan dengan sedikit gugup.

Leipzig terus mengancam untuk mencetak gol, dengan Orban dua kali gagal mencetak gol oada babak kedua setelah tendangannya melebar.

Pada babak kedua, Rodrygo menggantikan Eduardo Camavinga dan tiba-tiba permainan Madrid menjadi lebih terarah.

Los Blancos terlihat telah memastikan hasil akhir pertandingan ketika Toni Kroos mencuri bola dan memberikan umpan kepada Jude Bellingham di garis tengah lapangan. Bintang Inggris ini membawa bola ke dalam kotak penalti Leipzig.

BACA JUGA: Presiden Barcelona Tegaskan Gagasan Liga Super Eropa Belum Mati

Ia memberikan umpan kepada Vinicius, yang menusuk dari sisi kiri ke area tengah lapangan sebelum melepaskan tendangan ke pojok kiri gawang.

Gol tersebut tampaknya hanya membakar semangat Leipzig, yang menyamakan kedudukan dalam waktu tiga menit ketika Orban berhasil melewati Nacho dan mencetak gol dengan sundulan dari umpan silang yang dilepaskan David Raum.

Dalam 20 menit terakhir di mana beberapa kartu kuning diberikan, Real bermain dengan penuh semangat dan berada di bawah tekanan berulang kali di dalam kotak penalti mereka. Penjaga gawang Andriy Lunin yang telah menyelamatkan Real pada leg pertama, dipaksa melakukan beberapa penyelamatan penting.

Leipzig hampir saja membawa pertandingan ke babak perpanjangan waktu ketika Dani Olmo melihat tendangannya membentur mistar gawang pada masa tambahan waktu.

Pada akhirnya, Real berhasil melakukan hal yang cukup untuk lolos ke babak perempat final.

“Tentu saja kami tahu bahwa itu bukanlah satu partai terbaik musim ini,” ujar kapten tim, Nacho.

“Kadang-kadang kita mengalami pertandingan yang buruk dan malam ini adalah salah satunya. Itu terlihat seperti sebuah drama karena cara kami bermain tetapi yang terpenting adalah kami lolos ke babak perempat final. Biarlah ini menjadi pelajaran untuk partai-partai berikutnya.”

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *