Ragam  

Semarak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional di Parigi Moutong

Semarak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional di Parigi Moutong
Pj Bupati Richard Arnaldo Djanggola, saat memberikan sebuah bingkisan kepada salah seorang lansia dalam kegiatan peringatan HLUN yang dilaksanakan Komda Lansia Parigi Moutong di Taman Budaya Pahlawan Kesenian Nasional Hasan M. Bahasyuan, Kelurahan Masigi, Kecamatan Parigi, Senin, 3 Juni 2024. (Foto: Dok Diskominfo Parigi Moutong)

JURNAL LENTERA, PARIGI MOUTONG – Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, yang dilaksanakan di Taman Budaya Pahlawan Kesenian Nasional Hasan M. Bahasyuan, Kelurahan Masigi, Kecamatan Parigi berlangsung meriah, Senin, 3 Juni 2024.                                                                             

Kegiatan yang dilaksanakan pengurus Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Parigi Moutong ini, dihadiri oleh Pj Bupati Richard Arnaldo Djanggola. Dalam peringatan HLUN ini, dilaksanakan pula beragam kegiatan, yakni senam pagi bersama hingga penyerahan bantuan sembako kepada para lansia oleh Pj Bupati Parigi Moutong.

Dalam sambutannya, Richard memberikan apresiasi kepada Komda Lansia Parigi Moutong yang terus berkoordinasi dan melaksanakan upaya-upaya penanganan Lansia di daerah setempat. Sehingga penanganan Lansia dapat dilakukan secara insentif, efektif, menyeluruh, dan terpadu. Lansia merupakan bagian hidup yang pasti dialami oleh setiap manusia. Olehnya, ia mengingatkan kepada setiap generasi muda agar mulai menjaga kesehatan sejak dini.

BACA JUGA: Basarnas dan RS Bhayangkara Palu Kerja Sama Penyelenggaraan Operasi

“Dengan begitu, ketika kita Lansia akan lebih siap secara fisik dan mental, yang tentunya akan mempengaruhi kualitas hidup selanjutnya,” ujarnya.

Ia menegaskan, untuk tidak beranggapan bahwa setiap lansia adalah mereka yang tidak berdaya. Mengingat, kualitas hidup akan selaras dengan kesejahteraan hidup yang dijalani setiap manusia. Sebab, kesejahteraan hidup lansia yang baik akan berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup lansia mendatang.

“Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong, masyarakat, atau keluarga lansia diharapkan untuk terus melakukan pemberdayaan kepada lansia,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pengurus Komda Lansia Parigi Moutong Irwan mengatakan, pihaknya akan terus meningkatkan kegiatan lansia. Saat ini, Komda Lansia Parigi Moutong telah berupaya memprogramkan bantuan khusus lansia, baik tahun ini maupun tahun-tahun mendatang. Termaksud berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Parigi Moutong terkait bantuan alat bantu dengar.

BACA JUGA: Gubernur Rusdy Mastura Bakal Pecat Ketua KONI Sulteng Nizar Rahmatu

Bahkan, ia mengaku bahwa Komda Lansia Parigi Moutong juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) setempat, diantaranya terkait bantuan kursi roda.

“Lansia merupakan suatu siklus hidup. Kalau berbicara lansia, pasti kita mengingat bahwa lansia adalah siklus hidup yang paling atas. Jadi patutlah kita berbahagia, karena kita sampai pada lansia. Tidak semua orang bisa sampai ke lansia,” tandasnya.

Laporan : Moh. Reza Fauzi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *