Bologna Kokohkan Tempat di Peringkat Empat Setelah Gebuk AS Roma

Bologna Kokohkan Tempat di Peringkat Empat Setelah Gebuk AS Roma
Joshua Zirkzee (kanan) dari Bologna melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya usai mencetak gol dalam pertandingan sepak bola Serie A Italia antara AS Roma dan Bologna FC 1909, di Roma, Selasa, 22 April 2024, dini hari WIB. (Foto: EPA-EFE/ETTORE FERRARI)

JURNAL LENTERA, JAKARTA – Bologna mengokohkan tempat di posisi keempat klasemen sementara Serie A Liga Italia setelah menggebuk tuan rumah AS Roma dengan skor 3-1, pada pertandingan di Stadion Olimpico, Roma, Selasa, 23 April 2024, dini hari WIB.

Rossoblu kini mengoleksi 62 poin, unggul tujuh angka atas pesaing terdekatnya yakni Roma, yang tertahan di posisi kelima dengan 55 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Namun persaingan masih terbuka karena Serie A masih menyisakan lima pertandingan lagi. Bologna setidaknya harus mengamankan tiga atau empat kemenangan lagi untuk memastikan berlaga di Liga Champions musim depan. Sebab Roma punya tabungan laga kontra Udinese yang masih tersisa 18 menit karena dihentikan akibat pemain kolaps, yang akan dimainkan tengah pekan ini.

BACA JUGA: AS Roma Konfirmasi De Rossi Tetap Jadi Pelatih Klub Setelah Musim 2023/2024 Berakhir

Roma memiliki peluang bagus pertama yang disia-siakan oleh Stephan El Shaarawy dengan sepakan melambungnya. Justru Bologna yang membuka keunggulan pada menit ke-14, saat umpan silang Riccardo Calafiori dari sisi kiri disambut sepakan akrobatik Oussama El Azouzi menembus gawang tuan rumah.

Leandro Paredes semestinya dapat menyamakan kedudukan untuk Roma saat ia berhasil mencuri bola dari Jhon Lucumi di luar kotak penalti, tetapi sepakannya malah melebar.

Alexis Saelemaekers mengancam gawang Roma melalui tendangan bebas yang membentur mistar gawang pada menit ke-41. Namun itu seolah hanya menunda lahirnya gol kedua Bologna, sebab pada menit ke-45 tim tamu benar-benar berhasil menggandakan keunggulan. Joshua Zirkzee melepaskan tembakan dari sudut sempit yang sempat mengenai tangan kiper Mile Svilar, tetapi bola terlebih dahulu melewati garis gawang sebelum Angelino dapat menyapunya keluar.

Pada awal babak kedua, El Shaarawy melepaskan tembakan keras menyusul tendangan penjuru untuk Roma. Namun bola masih membentur wajah Stefan Posch sehingga urung masuk ke gawang Bologna.

BACA JUGA: AS Roma Vs Lazio: Pembuktian Dua Pelatih Anyar

Gol yang dinantikan publik Olimpico akhirnya tercipta pada menit ke-56. Dari situasi tendangan sudut, bola kemudian jatuh kepada Sardar Azmoun. Ia memerlukan tiga percobaan untuk dapat membobol gawang Bologna, setelah sundulan dan sambarannya masih dapat ditahan kiper Lukasz Skorupski dari jarak dekat.

Saat Roma berjuang keras untuk menyamakan kedudukan, Bologna mendapatkan gol ketiganya pada menit ke-65. Dari situasi serangan balik, Dybala gagal memotong dan bola dioperkan Zirkzee kepada Alexis Saelemaekers, yang dengan sepakan cungkilnya mampu menaklukkan kiper Svilar. Skor 3-1 untuk Bologna.

Bologna sempat melesakkan bola ke gawang tuan rumah untuk keempat kalinya melalui sepakan pemain pengganti Julio Castro. Sayangnya gol itu tidak disahkan karena ia telah terlebih dahulu terperangkap offside.

Daftar Susunan Pemain:

AS Roma: Mile Svilar, Zeki Celik (Rick Karsdorp 52’), Gianluca Mancini, Diego Llorente, Angelino (Leonardo Spinazzola 52’), Bryan Cristante (Joao Costa 85’), Leandro Paredes, Lorenzo Pellegrini, Paulo Dybala, Tammy Abraham (Sardar Azmoun 52’), Stepan El Shaarawy (Tommaso Baldanzi 72’)

Pelatih: Daniele De Rossi

Bologna: Lukasz Skorupski, Stefan Posch (Lorenzo De Silvestri 80’), Sam Beukema, Riccardo Calafiori (Victor Kristiansen 80’), Jhon Lucumi, Michel Aebischer, Remo Freuler, Oussama El Azzouzi (Kacper Urbanski 77’), Dan Ndoye (Giovanni Fabbian 80’), Joshua Zirkzee (Julio Castro 69’), Alexis Saelemaekers

Pelatih: Thiago Motta

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *