banner 1280x180

Dinkes Parimo Gelar Lomba Apoteker Cilik

Kegiatan lomba apoteker cilik yang dilaksanakan Dinkes Parimo, Kamis, 16 Desember 2021. (Foto: Basrul Idrus)

JURNAL LENTERA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, menggelar lomba apoteker cilik sebagai upaya menyelamatkan anak dari penyalahgunaan obat.

“Lomba ini bagian dari upaya mengedukasi penggunaan obat yang baik dan benar kepada seluruh siswa dan siswi Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Parimo oleh apoteker dan asisten apoteker,” ujar Kepala Seksi Kefarmasian di Dinkes Kabupaten Parimo, Ni Nyoman Sadiawati, Kamis, 16 Desember 2021.

Dia mengatakan, lomba apoteker cilik merupakan bagian dari evaluasi yang dimulai dari tingkat kecamatan dan dibagi dalam tiga zona. Terdiri dari zona pertama di Desa Balinggi, Sumbersari dan Kecamatan Parigi.

Khusus zona kedua di Kecamatan Ampibabo.

Sedangkan zona Kecamatan Kasimbar dibagi menjadi dua.

Berbeda dengan zona ketiga, yaitu Kecamatan Mepanga, Palasa, Ongka, Bolano.

BACA JUGA: Ini Manfaat Gedung PSC 119 Milik Dinkes Parimo yang Baru Diresmikan

“Hasil dari masing-masing zona itu, dilombakan kembali di tingkat kabupaten serta dibagi menjadi dua bagian, pengetahuan dasar tentang penggunaan obat yang baik dan benar. Membaca nyaring dari buku seri apoteker cilik,” katanya.

Dia menyebutkan, khusus peserta lomba ditingkat kabupaten, yaitu SDN 3 Parigi, SDN 1 Inti Pembina Ampibabo, SDN Inpres 1 Kasimbar, SDN Inpres 1 Kotanagaya.

Dia berharap, penyalagunaan obat ditingkat SD dapat ditekan dengan memberikan edukasi sejak dini, melalui lomba tersebut.

“Hari ini, mereka tampil di Hotel Anuntapura yang dinilai langsung oleh Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Parimo, dan Kak Indri yang merupakan Pendongeng,” ucap Ni Nyoman Sadiawati.

Ketua IAI Parimo, Devi R. Uga, memberikan apresiasi kepada Dinkes atas pelaksanaan lomba apoteker cilik tersebut.

BACA JUGA: Dinkes Parigi Moutong Targetkan Remaja Jalani Vaksinasi 49,742 Jiwa

Menurutnya, kegiatan ini sangat baik, karena memberikan edukasi melalui membaca buku cerita anak dan dikemas dalam bentuk lomba.

Dia berharap, kegiatan positif seperti ini, dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Kegiatan seperti ini harus berkelanjutan, agar anak-anak paham untuk tidak menyalahgunakan obat,”

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinkes Parimo yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), IAI Parimo, Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM).

Laporan : Abd. Farid

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.