banner 1280x180

Ini Manfaat Gedung PSC 119 Milik Dinkes Parimo yang Baru Diresmikan

  • Bagikan
Wabup Parimo, H. Badrun Nggai, SE, saat meresmikan salah satu gedung PSC 119, Senin, 13 Desember 2021. (Foto: Novita Ramadhan)

JURNAL LENTERA – Gedung Public Safety Center (PSC) 119 milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, yang baru diresmikan pada Senin, 13 Desember 2021, diperuntukan bagi pertolongan cepat dan tanggap dalam pelayanan darurat medik.

“Pembangunan gedung PSC 119 ini dibangun menggunakan anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) Dinkes tahun 2021,” ujar Kepala Dinkes Parimo, Ellen Ludya Nelwan, usai peresmian gedung PSC 119 yang terletak di Kelurahan Masigi.

Dia menjelaskan, PSC 119 merupakan ruang lingkup kerja yang mengelola, menerima panggilan dari penelpon.

Kemudian, dapat menghasilkan sebuah interaksi langsung kepada pembawa berita, melalui beragam media teknologi dan didukung oleh pilar proses Sumber Daya Manusia (SDM), dan pelayanan ambulance berlokasi disuatu tempat. Sekaligus memberikan pengalaman tertentu bagi pembawa berita.

BACA JUGA: APBD Parimo Bakal Dipangkas Untuk Biaya Vaksinasi

PSC 119 juga bertugas menerima atau menjawab, panggilan telepon, bahkan radio komunikasi dari masyarakat melalui Call Centre dalam pelayanan gawat darurat medik, atau memberikan informasi terkait ketersediaan tempat tidur rumah sakit di wilayah kota Parigi.

“Tujuan dibentuknya PSC 119 dapat menjadi sarana masyarakat, agar mengetahui dan meneruskan informasi dari lokasi kejadian untuk ditindaklanjuti dalam proses penanganan korban di lapangan,” katanya.

Sedangkan alat sistem informasi PSC 119, kata dia, berupa satu unit ambulance, enam unit komputer, satu unit samsung galaxy, satu unit printer warna, satu unit smart wifi router, satu unit smart tipe lank, dan enam unit ups.

Khusus peserta team PSC 119 yang bertugas berjumlah 28 orang, terdiri dari empat orang dokter, 12 perawat, delapan bidan, dan empat orang non medis.

“Hal itu diupayakan untuk menolong korban atau penderita secara cepat dan tepat,” ucap Ellen.

Wakil Bupati (Wabup) Parimo, H. Badrun Nggai, SE, mengatakan pemerintah sangat mengapresiasi Dinkes yang telah membangun gedung PSC 119 di Kecamatan Parigi dan Siney.

“Keberadaan PSC 199 merupakan upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik lagi,” katanya.

Dia mengatakan, PSC 119 adalah pusat pelayanan yang menjamin kebutuhan masyarakat dalam hal-hal yang berhubungan dengan kegawatdaruratan.

BACA JUGA: Wabup Parimo: Masyarakat Wajib Miliki Kartu Vaksin

Hal itu, diamankan dalam Peraturan Menteri Kesehatan  Nomor 19 Tahun 2016 tentang sistem penanggulangan gawat darurat terpadu.

PSC 119, kata dia, juga berperan pada pra fasilitas pelayanan kesehatan, dan wadah koordinasi untuk memberi pelayanan gawat darurat dengan pelayanan kesehatan cepat, tepat, cermat serta profesional.

“Dengan adanya gedung PSC 119 ini, apabila di masyarakat terjadi kegawatdaruratan seperti kecelakaan maupun ada yang sakit parah dan ingin dirujuk ke rumah sakit atau keadaan lainnya, dapat menghubungi Call Center 119. Maka tenaga kesehatan akan segera melakukan tindakan dengan cepat,” pungkasnya.

Laporan : Wahab Usman

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: KONTEN DILINDUNGI!!