Jorge Martin Gabung Aprilia, Marquez Mendekat ke Ducati untuk MotoGP 2025

Jorge Martin Gabung Aprilia, Marquez Mendekat ke Ducati untuk MotoGP 2025
Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2024. (Foto: Dok Gresini Racing)

JURNAL LENTERA, ITALIA – Marc Marquez (Gresini Racing) dikabarkan akan bergabung dengan Ducati pada MotoGP 2025. Kabar ini kian terdengar kencang setelah Jorge Martin (Pramac Racing) memutuskan untuk bergabung dengan Aprilia. Jorge Martin telah memutuskan untuk gabung dengan Aprilia pada 2025 nanti. Kepastian ini telah diumumkan oleh CEO Aprilia Racing, Massimo Rivola, pada Senin, 3 Juni 2024.

“Biarkan saya memperkenalkan Anda, pebalap baru Aprilia Racing yang akan menggantikan Aleix Espargaro,” kata Rivola dalam video yang diunggah tim Aprilia pada akun instagram. Martin masuk ke dalam ruangan dan bersalaman, lalu berfoto dengan Rivola setelah kata-kata perkenalan tersebut diucapkan. Sebagai informasi, Martin menggantikan Espargaro yang akan pensiun di akhir musim MotoGP 2024.

Sebelumnya, Crash memberitakan bahwa seorang petinggi Ducati telah menjabat tangan Martin, berterima kasih untuk kesabaran sang pebalap dalam masa negosiasi. Pada jeda waktu GP Catalunya dan Italia 2024, Ducati telah memberi tahu Martin, bahwa sang pebalap Spanyol itu merupakan pilihan pertama untuk menemani Francesco Bagnaia di Ducati musim depan.

Tim asal Italia tersebut juga “yakin” Marc Marquez akan menerima kepindahan ke tim Martin sekarang, Pramac Racing, dengan materi dan dukungan yang sama dengan para pebalap pabrikan. Keputusan petinggi serta jajaran manajemen Ducati lalu tampak goyah ketika Marc Marquez membuat pernyataan kepada publik, jelang MotoGP Italia 2024.

Jorge Martin saat berlaga pada MotoGP Italia 2024. (Foto: Dok @89jorgemartin)

Pebalap asal Cervera, Spanyol, ini mengemukakan Pramac yang merupakan tim satelit Ducati, bukan menjadi pilihan bagi dirinya.

BACA JUGA: Marc Marquez Incar Kemenangan di GP Mugello Ahad Ini

“Pramac adalah tim yang sangat bagus seperti yang ditunjukkan Martin. Mereka memiliki potensi besar, tetapi itu bukan pilihan bagi saya,” ujar Marquez dalam jumpa pers, Kamis, 30 Mei 2024, tiga hari sebelum balapan MotoGP Italia.

Marquez secara terang-terangan menginginkan motor pabrikan untuk musim depan. “Tentu saja, yang saya cari, seperti yang saya katakan tiga balapan lalu, adalah motor versi terbaru,” tutur Marquez.

BACA JUGA: Rumor MotoGP: Martin ke Ducati, Marquez ke Pramac Musim Depan

“Ini adalah prioritas utama dan jika itu ada di tim pabrikan, maka itu jauh lebih baik. Jika Anda ingin bertarung untuk kejuaraan, yang merupakan tujuan saya, Anda harus siap dalam semua aspek dan menemukan fasilitas,” ucap pria beralias The Baby Alien itu.

Mendengar pernyataan itu, petinggi Ducati diberitakan La Gazzetta dello Sport menjadi panik. Mereka tak ingin kehilangan Marquez yang punya nama besar dan nilai jual tinggi. Alhasil, Ducati pun santer dikabarkan memilih Marquez menjadi tandem Francesco Bagnaia di Ducati Lenovo Team untuk MotoGP 2025.

Marquez saat ini memiliki kontrak dengan Gresini hingga akhir musim 2024. Dari tujuh balapan yang telah dilaluinya, Marquez berhasil memikat hati petinggi Ducati, meski belum pernah keluar sebagai pemenang. Pebalap asal Spanyol itu membuktikan, meski dengan menggunakan motor tahun 2023, ia mampu bersaing dan memberi perlawanan di baris depan, bahkan bisa naik podium.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Kompas.com

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *