Menteri Tito: Pemda Perbanyak Beri Bansos di Bulan Ramadhan

Menteri Tito: Pemda Perbanyak Beri Bansos di Bulan Ramadhan
Mendagri Muhammad Tito Karnavian saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara hybrid dari Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Senin, 27 Maret 2023. (Foto: Humas Puspen Kemendagri)

JURNAL LENTERA, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta pemerintah daerah (Pemda) memperbanyak pemberian bantuan sosial (bansos) di Bulan Suci Ramadhan.

Hal itu, kata dia, akan ditindaklanjuti dengan diterbitkannya Surat Edaran bagi Gubernur, Bupati, Walikota.

“Draftnya sebentar lagi akan kita sampaikan hari ini, Memperbanyak kegiatan Bansos, pemberian Bansos, baik tunai maupun non-tunai, sembako misalnya, dari pos anggaran Bansos. Harus digenjot bulan ini,” ujar Menteri Tito saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah secara hybrid dari Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin, 27 Maret 2023.

Ia menyampaikan, pemberian Bansos sangat penting, khususnya bagi masyarakat yang tidak mampu, rentan, dan mengalami kesusahan.

Selain itu, pemberian Bansos juga dinilai akan memperkuat daya beli masyarakat.

BACA JUGA: Mendagri ke Pemda : Alokasikan Anggaran Tangani Stunting

“Kalau diberikan uang tunai, ya otomatis daya belinya akan tinggi. Diberikan sembako ketahanan pangannya akan kuat,” katanya.

Ia menambahkan, pemberian Bansos juga akan memperkuat upaya pengendalian inflasi, karena masyarakat dibantu dalam hal pangan dan keuangan.

BACA JUGA: Mendagri : Tekan Inflasi, Perlu Mewaspadai Sejumlah Komoditas

Selain itu, hal tersebut, juga dapat membangun simpati publik dan apresiasi dari masyarakat.

Ia juga mendorong pelaksanaan kegiatan sosial bersama dengan anak-anak yatim, para kaum duafa, dan masyarakat yang tidak mampu di tempat mereka tinggal.

Ia mencontohkan, seperti melakukan buka bersama di area pinggir kali bersama ratusan masyarakat.

“Bersama masyarakat yang tidak mampu di slum area, di pinggir kali, makan nasi kotak bersama. Setelah itu bagikan Bansos kepada mereka. Nah itu akan sangat menyentuh, dan ini kalau semua bergerak, para Gubernur turun, Bupati/Walikota juga turun, Camat, Kepala Desa, makan bersama, buka puasa bersama di tempat-tempat seperti ini,” tandasnya.

Sumber : Humas Puspen Kemendagri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *