Ragam  

Pantau Kecurangan, Disperindag Parigi Moutong Sidak Tera Ulang SPBU

Pantau Kecurangan, Disperindag Parigi Moutong Sidak Tera Ulang SPBU
Kegiatan tera ulang yang dilaksanakan Bidang Metrologi Disperindag Parigi Moutong di SPBU Kampal, Kecamatan Parigi, Rabu, 8 Mei 2024. (Foto: MOH. REZA FAUZI/JurnalLentera.com)

JURNAL LENTERA, PARIGI MOUTONG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, kembali laksanakan sidak tera ulang di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Kegiatan rutin yang dilaksanakan Disperindag melalui Bidang Metrologi ini diawali dari SPBU yang terletak di jalur trans sulawesi Kelurahan Kampal, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Rabu, 8 Mei 2024.

Menurut Penera Bidang Metrologi di Disperindag Parigi Moutong Hedriana, kegiatan sidak tera ulang ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendag) Nomor 67 Tahun 2018 tentang alat ukur apa saja yang wajib ditera. Salah satunya dispenser bahan bakar yang digunakan di SPBU.

BACA JUGA: Pengawasan SPBU di Parigi, Polisi Periksa Takaran dan Kualitas BBM

“Kegiatan seperti ini rutin kami laksanakan setahun sekali setelah masa pengujian berakhir. Di tahun 2023, kami sudah melakukan pengujian. Kemudian pihak Pertamina mengajukan permohonan yang sama lagi di tahun ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, selain SPBU Kampal, kegiatan tera ulang juga akan dilaksanakan sejumlah SPBU lainnya, diantaranya SPBU Tolai, SPBU Sausu, dan SPBU Tinombo.

Dijelaskannya, dalam kegiatan tera ulang khusus SPBU, pihaknya menggunakan peralatan jenis dispenser bejana untuk mengetahui kurang lebihnya Bahan Bakar Minyak yang keluar dari nozzle mesin pompa dalam hitungan mili liter.

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran, Polisi Perketat Pengawasan SPBU di Banggai

Ditanya terkait pelanggaran yang ditemukan pada saat kegiatan tera ulang, Hedriana mengaku belum menemukan adanya masalah ataupun kecurangan. Hanya saja, pihaknya akan menurunkan beberapa orang pengawas dari Bidang Metrologi untuk melakukan pengecek sejumlah SPBU di hari-hari tertentu.

“Jika dalam pengecekan tersebut terdapat pengaduan dari konsumen atau masyarakat adanya kecurangan, maka tim pengawas dari Bidang Metrologi berhak melakukan pengujian. Namun, tidak bisa melakukan tera ulang,” pungkasnya.

Laporan : Moh. Reza Fauzi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *