Ragam  

Polisi dan Warga di Banggai Padamkan Api Akibat Pembukaan Lahan

Polisi dan Warga di Banggai Padamkan Api Akibat Pembukaan Lahan
AIPDA Syaprudin menunjukkan lokasi kebun yang sengaja di bakar untuk pembukaan lahan, terpaksa di padamkan untuk mencegah terjadinya Karhutla, Sabtu, 7 Oktober 2023. (Foto: Dok Humas Polres Banggai)

JURNAL LENTERA, BANGGAI – Sebagai upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), personel polisi dari Polsek Pagimana jajaran Polres Banggai bersama warga melakukan pemadaman api akibat aktifitas pembukaan lahan perkebunan, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Selain personel polisi dan masyarakat, upaya pemadaman api akibat aktiftas pembukaan lahan perkebunan ini, juga melibatkan Pemerintah Desa (Pemdes) Huhak, Kecamatan Pagimana.

Pembakaran dari aktifitas pembukaan lahan perkebunan ini terjadi sekitar pukul 09.00 WITA. Menerima informasi adanya aktiftas pembakaran untuk pembukaan lahan perkebunan, personel Bhabinkamtibmas Polsek Pagimana AIPDA Syaprudin JS. Balisa bersama Kepala Desa Huhak dibantu masyarakat mendatangi lokasi.

BACA JUGA: Perairan Laut Bualemo, Banggai Marak Pengeboman Ikan

Di lokasi tersebut, AIPDA Syaprudin dan Kepala Desa Huhak mendapati api yang masih dalam kondisi menyala dibeberapa titik. Sontak, mereka langsung melakukan upaya pemadaman api.

Menurut AIPDA Syaprudin, proses pemadaman api berlangsung hingga pukul 11.00 WITA.

BACA JUGA: Kakek di Banggai Ini Diduga Cabuli Siswi SMP Hingga Hamil

“Kondisi saat ini sangat memungkinkan terjadinya kebakaran hutan, karena memasuki musim kemarau. Ditambah lagi musim angin yang jika melakukan pembakaran untuk pembukaan lahan perkebunan akan mengakibatkan kebakaran yang lebih besar,” ujar AIPDA Syaprudin.

Atas kejadian itu, ia bersama Kepala Desa Huhak kemudian menyampaikan imbauan-imbauan kepada masyarakat setempat untuk tidak melakukan aktifitas pembakaran di kawasan perkebunan.

“Potensi terjadinya Karhutla sangat besar saat musim kemarau seperti saat ini. Makanya kami bersama Pemdes Huhak tidak henti-hentinya menyampaikan imbauan kepada masyarakat,” tandasnya.

Laporan : Multazam/**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *