F1 Powerboat di Danau Toba, Erick Thohir Kerahkan BUMN

F1 Powerboat di Danau Toba, Erick Thohir Kerahkan BUMN
Danau Toba yang rencananya akan menjadi tempat dilaksanakannya F1 Powerboat. (Foto: Dok Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara)

JURNAL LENTERA, JAKARTA – Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga optimistis gelaran event Kejuaraan Dunia F1 Powerboat Danau Toba, Indonesia pada 25-26 Februari 2023 akan mendongkrak geliat pariwisata di Danau Toba dan Sumatera Utara pada umumnya.

BUMN, lanjut Arya, mendukung penuh penyelenggaraan event tersebut.

“Menteri BUMN pak Erick jelas komitmennya soal pariwisata. Ini juga sejalan dengan arahan bapak Presiden Joko Widodo untuk pengembangan lima Bali baru,” ujar Arya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu, 8 Februari 2023.

Arya mengatakan, event F1 Powerboat Danau Toba merupakan inisiasi dari Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang ingin mendorong optimalisasi potensi pariwisata Danau Toba.

Arya menyebut pariwisata Danau Toba memiliki potensi besar dalam menggerakkan perekonomian dan juga citra pariwisata Indonesia dalam menggelar event internasional.

BACA JUGA: Kapolri Dinilai Serius Ingin Perbaiki Sepak Bola Indonesia

“Ini F1 tapi versi kapal, keren banget. Beliau (Luhut) minta pak Erick dengan BUMN masuk untuk menangani ini,” ucap Arya.

BACA JUGA: PSSI : Perbaikan Sepak Bola Harus Sesuai Arahan Presiden

Arya menyebut keberhasilan BUMN dalam menggelar sejumlah event internasional menjadi faktor utama untuk kembali menyukseskan F1 Powerboat di Danau Toba.

Erick, lanjut Arya, menugaskan holding BUMN pariwisata dan pendukung atau InJourney untuk menggarap event tersebut.

InJourney sendiri memiliki sumber daya pariwisata dan pendukung yang lengkap, mulai dari bandara, hotel, hingga destinasi wisata.

Seperti halnya event MotoGP pertama di Mandalika, NTB, Arya mengatakan ajang F1 Powerboat Danau Toba juga memiliki sejumlah tantangan di event pertamanya, mulai dari keterbatasan penginapan.

“Saya yakin event ini akan memancing pengembangan hotel dan kafe dalam lima tahun ke depan di Danau Toba. Akan banyak nanti orang Batak bangun hotel dan kafe di sana,” kata Arya.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Republika.co.id

Respon (4)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *