Gol Spektakuler Arda Guler Bantu Turki Bekuk Georgia di Grup F Euro 2024

Gol Spektakuler Arda Guler Bantu Turki Bekuk Georgia di Grup F Euro 2024
Pemain Turki Arda Guler merayakan gol kedua bagi timnya dalam pertandingan Grup F Euro 2024 melawan Georgia di Signal Iduna Parl, Dortmund, Jerman, Rabu, 19 Juni 2024.

JURNAL LENTERA, JAKARTA – Arda Guler mencetak gol spektakuler saat membantu timnas Turki menang 3-1 atas Georgia dalam laga pembukaan Grup F Euro 2024 di Signal Iduna Park, Dortmund, Selasa, 19 Juni 2024, dini hari WIB. Hasil ini menempatkan Turki memuncaki Grup F, unggul selisih gol dari Portugal yang mengatasi Republik Ceko 2-1 pada laga setelahnya.

Turki sempat membuka keunggulan berkat gol Mert Muldur sebelum Georges Mikautadze menyamakan kedudukan pada babak pertama. Turki kemudian berhasil mencetak dua gol lagi di babak kedua melalui aksi Arda Guler dan Kerem Akturkoglu.

BACA JUGA: Cristiano Ronaldo dan Pepe Berpeluang Cetak Rekor di Euro 2024

Kedua tim menampilkan permainan menyerang sejak kick-off. Turki berhasil unggul lebih dulu lewat Mert Muldur pada menit ke-25. Muldur melepaskan tembakan voli setelah memanfaatkan rebound hasil sundulan Lasha Dvali yang coba membuang bola.

Tendangan Muldur meluncur ke pojok kiri gawang Georgia tanpa bisa dijangkau oleh kiper Giorgi Mamardashvili. Turki unggul 1-0.

Semenit kemudian, Baris Yilmaz tampaknya menggandakan keunggulan Turki. Namun, gol ini dianulir karena Yilmaz dinyatakan offside lewat pantauan VAR.

BACA JUGA: Euro 2024: Italia Bangkit Tumbangkan Albania 2-1 di Grup B

Georgia mampu bangkit dan menyamakan kedudukan pada menit ke-32 lewat gol Georges Mikautadze.

Gol tersebut bermula dari pergerakan Giorgi Kochorashvili di sisi kiri pertahanan Turki. Dia kemudian mengirim umpan mendatar yang diselesaikan dengan tembakan Mikautadze ke arah tiang dekat. Babak pertama pun berakhir dengan skor 1-1.

Kedua tim tetap memainkan sepak bola menyerang pada babak kedua. Pada menit ke-57, Hakan Calhanoglu memberikan ancaman lewat tendangan bebas. Tendangan gelandang Inter Milan itu mengarah ke gawang, tetapi bisa ditepis dengan satu tangan oleh Mamardashvili.

Turki akhirnya bisa kembali unggul pada menit ke-65 lewat pemain muda sensasional mereka, Arda Guler. Pemain Real Madrid itu mencetak gol lewat tembakan jarak jauh dengan kaki kirinya.

Gol ini bermula dari keberhasilan Turki yang bisa merebut bola di pertahanan Georgia. Kaan Ayhan mendapat bola dan memberikannya pada Arda Guler yang langsung melepaskan tembakan jarak jauh ke pojok kanan gawang Georgia. Kedudukan menjadi 2-1.

Gol tersebut juga menjadikan pemain belia pertama yang mencetak gol pada debutnya di Euro sejak Cristiano Ronaldo pada tahun 2004.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *