Gol Telat Conceicao Pastikan Kemenangan Portugal Atas Republik Ceko 2-1 di Euro 2024

Gol Telat Conceicao Pastikan Kemenangan Portugal Atas Republik Ceko 2-1 di Euro 2024
Pemain Portugal Francisco Conceicao (tengah) mencetak gol kedua bagi timnya ke gawang Republik Ceko dalam pertandingan Grup F Euro 2024 di Stadion Leipzig, Leipzig, Jerman, Rabu, 19 Juni 2024, dini hari WIB. (Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi)

JURNAL LENTERA, JAKARTA – Gol telat pemain pengganti Francisco Conceicao memastikan kemenangan Portugal 2-1 atas Republik Ceko pada pertandingan Grup F Euro 2024 di Stadion Redbull Arena, Leipzig, Rabu, 19 Juni 2024, dini hari WIB. Sebelum itu, Portugal menyamakan skor 1-1 lewat gol bunuh diri Robin Hranac, setelah sempat tertinggal dari Republik Ceko akibat gol Lukas Provod, demikian catatan UEFA.

Berkat kemenangan ini Portugal menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup F dengan tiga poin dari satu laga, sedangkan Republik Ceko berada di posisi ketiga. Posisi puncak Grup F ditempati Turki yang menaklukkan Georgia 3-1.

BACA JUGA: Gol Spektakuler Arda Guler Bantu Turki Bekuk Georgia di Grup F Euro 2024

Portugal mendominasi jalannya pertandingan, tapi disiplinnya lini pertahanan Republik Ceko membuat laga berjalan sengit. Pada babak pertama, kedua tim saling serang, tapi Portugal mendapatkan peluang terlebih dahulu setelah umpan silang Rafael Leao dapat disambut sundulan Cristiano Ronaldo. Sayangnya, bola masih menyamping dari gawang Ceko.

Selanjutnya Portugal terus menekan lini pertahanan Ceko dan menciptakan peluang lewat tendangan keras Bruno Fernandes yang masih melambung tipis di atas mistar gawang.

BACA JUGA: Euro 2024: Italia Bangkit Tumbangkan Albania 2-1 di Grup B

Skuad asuhan Roberto Martinez kembali menciptakan peluang ketika Bruno dapat mengirim umpan silang ke gawang Ceko, tapi tak dapat dijangkau oleh Rafael Leao.

Portugal menciptakan peluang emas, kali ini setelah umpan terobosan Bruno dapat disambut tendangan Cristiano. Namun, bola lagi-lagi masih dapat dihalau kiper Ceko Jindrich Stanek.

Selecao das Quinas terus menggempur lini pertahanan Ceko, tapi hingga turun minum, skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, jalannya pertandingan tidak berubah karena Portugal tetap menunjukkan dominasinya atas Ceko.

Portugal memiliki peluang emas lewat tendangan bebas yang dilepaskan oleh Cristiano Ronaldo, tapi bola masih dapat diamankan oleh Stanek.

Terus tertekan sepanjang laga, secara mengejutkan Ceko mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-62. Tendangan terukur Lukas Provod mengoyak jala gawang Portugal untuk membuat angka di papan skor Stadion Red Bull Arena menjadi 1-0.

Keunggulan Ceko hanya bertahan tujuh menit setelah Portugal membobol gawang Ceko berkat gol bunuh diri Robin Hranac yang gagal mengantisipasi bola muntah tepisan Stanek sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Berhasil menyamakan kedudukan, Portugal terus berupaya untuk berbalik unggul, salah satunya lewat tendangan Vitinha yang masih dapat ditepis Stanek.

Ceko berbalik memberikan ancaman melalui skema serangan balik dan menciptakan peluang lewat tendangan Tomas Soucek yang masih menyamping dari gawang Diogo Costa.

Portugal sempat membuat membalikkan keadaan menjadi 2-1 lewat sundulan Diogo Jota, akan tetapi dianulir oleh VAR karena Cristiano Ronaldo lebih dulu berada dalam posisi offside.

Selecao akhirnya mampu benar-benar membalikkan keadaan melalui gol yang yang dicetak oleh Francisco Conceicao pada menit 90+2. Pemain yang baru berada dua menit di lapangan setelah menggantikan Vitinha ini memanfaatkan kesalahan lini belakang Ceko untuk memastikan kemenangan Portugal 2-1.

Selanjutnya, Portugal akan menghadapi Turki pada lanjutan pertandingan Grup F, Sabtu, 22 Juni 2024, sedangkan Republik Ceko akan ditantang Georgia pada hari yang sama.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Republika.co.id

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *