Lukaku Fit Bela Belgia Lawan Inggris

Lukaku Fit Bela Belgia Lawan Inggris
Penyerang timnas Belgia Romelu Lukaku (Foto: AP/Raul Mee)

JURNAL LENTERA, JAKARTA – Pencetak gol terbanyak Belgia, Romelu Lukaku, akan fit untuk menghadapi Inggris pada pertandingan persahabatan di Wembley pada Rabu, 27 Maret 2024, dini hari WIB. Kehadiran Lukaku akan menambah daya gedor lini serang yang terlihat tidak memiliki ide saat bermain imbang 0-0 kongtra Irlandia, akhir pekan lalu.

Lukaku absen dalam pertandingan di Dublin karena cedera pangkal paha. Namun ia telah kembali berlatih penuh, menurut pelatih Domenico Tedesco.

“Lukaku siap untuk menjadi starter,” kata Tedesco kepada wartawan pada Senin, 25 Maret 2024, sebelum mengonfirmasi bahwa kiper Koen Casteels masih absen karena cedera bahu.

BACA JUGA: Lukaku Bawa Roma Tahan Imbang Feyenoord di Playoff Liga Europa

Lukaku telah mencetak 83 gol dari 113 caps, 50 gol lebih banyak dari pencetak gol terbanyak berikutnya, Eden Hazard. Kemampuannya sangat dibutuhkan dengan absennya Kevin De Bruyne yang sedang cedera di lini tengah.

“Kami ingin menciptakan lebih banyak peluang daripada saat melawan Irlandia. Kami harus berani, dengan sepak bola yang terbuka dan positif,” kata Tedesco.

“Ini adalah kesempatan yang ideal untuk menguji kami di level tertinggi. Inggris mungkin kehilangan beberapa pemain, tapi itu tidak membuat mereka lemah.”

BACA JUGA: AS Roma Raih Tiga Poin Setelah Menang 2-1 di Markas Salernitana

Tedesco belum pernah merasakan kekalahan dalam 11 pertandingan sebagai pelatih sejak mengambil alih tugas Roberto Martinez seusai Piala Dunia 2022. Belgia saat itu tersingkir pada babak pertama dalam kiprah Piala Dunia yang buruk di Qatar.

Hasil imbang di Dublin menjadi peringatan. Sebab, untuk kali pertama Belgia gagal mencetak gol dalam perjalanan tersebut. Namun kembalinya Lukaku menambah pengalaman dan ancaman di dalam kotak penalti yang hilang pada akhir pekan lalu.

Pemain sayap Belgia, Jeremy Doku, yang bermain untuk Manchester City, juga percaya bahwa ini akan menjadi ujian yang sempurna untuk melihat di mana posisi mereka menjelang putaran final Euro 2024.

“Saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang bagus. Itu tidak terjadi di Irlandia, kami tidak akan menyangkal hal itu. Saya yakin itu akan sangat berbeda saat melawan Inggris,” katanya.

“Melawan negara papan atas ini, kami juga akan dapat melihat sejauh mana kami saat ini. Kemudian kami dapat terus bekerja menuju Kejuaraan Eropa.”

Belgia telah memenangkan tiga dari empat pertandingan terakhir mereka melawan Inggris. Namun Rde Devils belum pernah meraih kemenangan dalam lima kunjungan sebelumnya ke London.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Republika.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *