Panglima TNI Tunjuk Widi Prasetijono Jadi Danjen Kopassus

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Foto: Istimewa)

JURNAL LENTERA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Brigjen TNI Widi Prasetijono sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) baru menggantikan Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Keputusan itu tertuang dalam surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang diteken Andika pada Jumat 21 Januari 2022. 

Dalam salinan surat yang beredar di kalangan wartawan itu disebutkan, Teguh Muji yang digantikan Widi kini menjabat sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cendrawasih. Teguh sebelumnya resmi menjabat Danjen Kopassus sejak 9 Desember 2021 menggantikan Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Pergantian posisi di satuan Kopassus bersamaan dengan mutasi terhadap total 328 perwira TNI melalui SK yang sama, termasuk di antaranya untuk posisi Pangkostrad dan Wakasad.

Dalam keterangan tertulis Puspen TNI disebutkan ada 328 pati TNI yang dimutasi termasuk 10 perwira tinggi bintang 3 TNI.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Prantara Santosa tak membantah SK yang beredar tersebut di mana salah satu isinya berisi soal mutasi Danjen Kopassus.

Lewat SK tersebut juga, posisi Pangkostrad kini diisi Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak yang ditinggal Jenderal TNI Dudung Abdurachman karena naik jabatan menjadi KSAD.

Sementara, posisi Wakasad diduduki Mayjen Agus Subiyanto. Agus menggantikan posisi Letnan Jenderal Bakti Agus Fadjari yang diangkat menjadi Komandan Jenderal Akademi TNI.

Brigjen TNI Widi Prasetijono merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1993. Pria kelahiran 4 Juni 1971 mengawali karier militernya melalui kesatuan Infanteri Kopassus. Jabatan sebelumnya adalah Kasdam IV/Diponegoro 2020-2022.

Artikel ini tayang pertama kali di CNNIndonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *