Ragam  

Pemda Parigi Moutong Melepas Pemberangkatan 123 Calon Jemaah Haji

Pemda Parigi Moutong Melepas Pemberangkatan 123 Calon Jemaah Haji
Kegiatan pelepasan 123 calon jemaah haji asal Kabupaten Parigi Moutong menuju asrama haji di Kota Palu yang dilaksanakan di auditorium Kantor Bupati setempat, Jum'at, 31 Mei 2024. (Foto: MULTAZAM/JurnalLentera.com)

JURNAL LENTERA, PARIGI MOUTONG – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, menggelar kegiatan pelepasan pemberangkatan 123 calon jemaah haji di auditorium Kantor Bupati setempat, Jum’at, 31 Mei 2024. Selain 123 calon jemaah haji, pihak Kementerian Agama (Kemenag) setempat turut memberangkatkan dua orang pendamping dari petugas medis.

123 calon jemaah haji asal Kabupaten Parigi Moutong ini, terdiri dari pria 84 dan wanita 39 orang. Terdapat pula dua orang lansia berumur 83 tahun dan 84 tahun. Kegiatan ini dibuka oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra Adrudin Nur, mewakili Pj Bupati Parigi Moutong.

Dalam sambutannya, Adrudin Nur menyampaikan, calon jemaah haji harus selalu menjaga sikap, niat, keteguhan, dan martabat daerah, bangsa maupun negara. Selain itu, harus selalu menjaga kekompakan, kesatuan, dan persatuan antar sesama.

BACA JUGA: Kemenag Evaluasi Kinerja Garuda Indonesia

“Iklim di Tanah Suci berbeda dengan iklim di Indonesia, khususnya Kabupaten Parigi Moutong. Sehingga, calon jemaah haji harus rutin berkoordinasi dan komunikasi dengan petugas kesehatan. Jika merasa ada gejala yang mengganggu kesehatan, maka segeralah berkonsultasi dengan petugas medis,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag As’at Latopada mengatakan, calon jemaah haji asal Kabupaten Parigi Moutong tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 14. Kloter 14 ini gabungan dari calon jemaah haji asal Kota Palu dan Balikpapan, Kalimantan Timur.

BACA JUGA: 24 Pemegang Visa Non Haji Asal Indonesia Diamankan Saat Miqat di Bir Ali

Dari asrama haji Kota Palu, kata dia, calon jemaah haji asal Kabupaten Parigi Moutong akan diberangkatkan menuju Balikpapan pada Sabtu besok, sekitar pukul 10.00 WITA. Selanjutnya, kloter 14 calon jemaah haji akan diberangkatkan menuju Jeddah Ahad, 2 Juni 2024.

“Saya mengingatkan kepada para calon jemaah haji, agar menjaga kesehatan selama berada di tanah suci. Ibadah haji juga sebagai ibadah yang bersifat fisik,” tandasnya.

Laporan : Moh. Reza Fauzi

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *