Ragam  

Pemda Parimo Bahas Rancangan Awal RKPD dan RENJA 2023

Wabup Parimo H. Badrun Nggai, SE, saat membuka secara langsung Forum Lintas Perangkat Daerah yang dilaksanakan di aula Kantor Bappelitbangda setempat, Rabu, 16 Maret 2022. (Foto: doc Prokopim Setda Parimo)

JURNAL LENTERA Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) membahas penyusunan rancangan awal RKPD dan RENJA 2023, melalui kegiatan Forum Lintas Perangkat Daerah yang diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang digelar di aula Kantor Bappelitbangda setempat, Rabu, 16 Maret 2022.

“Kegiatan Forum Lintas Perangkat Daerah ini harus diapresiasi,” ujar Wakil Bupati (Wabup) Parimo, H. Badrun Nggai, SE, dalam sambutannya saat membuka secara langsung kegiatan Forum Lintas Perangkat Daerah.

BACA JUGA: Pemda Parimo Sosialisasikan Permenpan RB Nomor 25

Wabup Badrun mengatakan, kegiatan ini merupakan amanat Undang Undang Nomor  25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 86 Tahun 2017, dimana salah satu tahapan dalam penyusunan RKPD kabupaten adalah menyelenggarakan forum lintas perangkat daerah untuk penyusunan rencana kerja Pemda dan perangkatnya.

Selain itu, penyusunan perencanaan program kerja yang harus diperhatikan, terutama prioritas yang perlu didukung dengan persiapan baik, usulan, dan alasan yang tepat.

Menurutnya, saat ini Pemda Kabupaten Parimo harus menghitung dengan cermat penggunaan sumber pembiayaan pembangunan secara efektif.

BACA JUGA: Ini Target Pemda Parimo dalam Program KLA

Setiap anggaran pembiayaan yang dikeluarkan sebagai belanja Pemda, kata dia,  harus diperhitungkan capaian out put dan outcome secara akurat.

Tidak hanya itu, beberapa point penting yang menjadi perhatian bersama dalam menyusun rencana kerja 2023, yaitu membangun daya saing berbasis sumber daya unggulan daerah, penyelarasan rencana program/kegiatan OPD dengan hasil Musrembang desa maupun kecamatan.

“Dalam pengusulan program/kegiatan OPD, agar tetap melihat kondisi maupun dinamika yang berkembang, yang dituangkan dalam suatu kegiatan dengan konsep inovasi pelayanan yang baik pula,” pungkasnya.

BACA JUGA: Pemda Parimo Temui Pemkot Samarinda

Sumber : Prokopim Setda Parimo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *