banner 1280x180
Daerah  

DPRD Parimo Evaluasi Penggunaan Dana CSR Perbankan

Rapat Evaluasi DRPD Parimo dengan pihak terkait, yang digelar di Ruang Paripurna. Selasa 11 Januari 2022 (Foto: Abdul Farid)

JURNAL LENTERA – DPRD Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, melakukan evaluasi penggunaan dana Corporate Sosial Responsibilitety (CSR) perbankan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“CSR adalah bagian dari aktivitas bisnis, dimana perusahaan bertanggung jawab secara sosial, sebagai bentuk perhatiannya dalam meningkatkan kesejahteraan dan berdampak positif bagi lingkungan,” ujar Ketua Komisi II, DPRD Parimo, Mohammad Zain, Selasa 11 Januari 2022.

BACA JUGA : Bantu Pemenuhan Pangan, BI Bangun Kandang Komunal di Parimo

BACA JUGA : Disdikbud Parimo Terima Alokasi DAK 2022 Rp40 Miliar

Dia menyebutkan, adanya anggaran CSR, pemerintah dapat terbantu dalam mencapai kesejahteraan masyarakat, sekaligus berdampak positif bagi lingkungan secara luas.

Pelaksanaan rapat evaluasi tersebut, bertujuan untuk mengetahui sudah sejauh mana program CSR yang dilakukan oleh pihak perusahaan, baik ditahun sebelumnya atau ditahun mendatang.

“Pihak perusahaan di 2021, memfokuskan program CSR mereka, ke beberapa item kegiatan, diantaranya Covid-19, pendidikan, fasilitas ibadah dan UMKM,” kata dia.

Hanya saja kata dia, pihak perbankan belum dapat memapaparkan program dan kegiatan yang dibiayai anggaran CRD 2022, sebab masih menunggu petunjuk kebijakan pimpinan pusat.

Sementara alokasi dana CSR setiap tahunnya kata dia, bervariasi dan dikelola sendiri oleh pihak perbankan. Namun, pihaknya tidak dapat menjelaskan berapa nominal anggarannya, karena masih menunggu data realisasi dari masing-masing perbankan.

Tetapi, dana CSR pada Bank Sulteng diangka Rp500 juta di 2021, yang dikelola langsung oleh pemerintah sebagai pemilih saham terbesar.

“Alhamdulilah, kami sangat berterimakasih kepada pihak perbankan yang sudah berpartisipasi dan bersinergi terhadap perlindungan daerah, khususnya Kabupaten Parimo,” pungkasnya.

BACA JUGA : OPD Diberikan Pemahaman Pengelolaan Keuangan Berbasis Aplikasi SIMDA_NG

BACA JUGA : Komnas HAM Sulteng Sebut Maraknya PETI Akibat Penyalahgunaan Kekuasaan

Laporan : Abdul Farid

banner 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.