banner 1280x180

Bantu Pemenuhan Pangan, BI Bangun Kandang Komunal di Parimo

  • Bagikan
Ilustrasi

JURNAL LENTERA – Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah memberikan bantuan Kandang Komunal Sapi (KKS) di Desa Sumbersari Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, untuk memenuhi kebutuhan pangan di wilayah setempat.

“Pembangunan KKS merupakan salah satu program kami untuk pemenuhan pangan. Selain itu, meningkatkan kesejahteraan petani. Bantuan ini diberikan kepada kelompok Tani Sumber Mulyo,” ungkap Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tengah, M. Abdul Madjid Ikram, saat ditemui di Parigi, Kamis 6 Januari 2022.

BACA JUGA : Berikan Kemudahan, BRI Salurkan 95 Persen KUR di Parimo

BACA JUGA : Petani Sawah di Parimo Kesulitan Akibat Pembatasan Pupuk Subsidi

Dia menjelaskan, kelompok pengelolaan kandang komunal sapi, harus terus belajar meningkatkan pengetahuan dan pengembangan, agar dapat memenuhi kebutuhan pangan. Bukan hanya di wilayah setempat, tapi hingga ke Pulau Kalimantan yang direncanakan menjadi ibu kota negara baru.

Menurut dia, program tersebut tidak hanya diberikan kepada petani sawah, tetapi juga menyasar para peternak. Sebab, Bank Indonesia berharap kandang komunal, dan bantuan sapi dari pemerintah, bisa memberikan tambahan penghasilan bagi petani dan peternak.

 “Para petani harus banyak belajar kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan setempat, agar bisa meningkatkan mutu dagingnya,” ujarnya.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan, Sekretariat Daerah Kabupaten Parimo, Nelson Metubun mengatakan, dengan adanya bantuan ini para petani dan peternak dapat bersinergi untuk menjaga, dan mengelola pembangunan kandang bantuan dengan sebaik-baiknya.

“Saya yakin dengan bantuan ini masalah ternak sapi di Desa Sumbersari khususnya Kecamatan Parigi Selatan dapat terselesaikan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, peternak sapi Tani Sumber Mulyo Desa Sumbersari, kelompok sumber Mulyo Oriza tani dan Dewi Drupadi bisa meningkatkan produksi ketahanan pangan di desa setempat.

“Diharapkan dengan adaya bantuan berupa sarana prasarana produksi ini, kelompok tani sumber Mulyo Oriza tani dan Dewi Drupadi, akan bertanggung jawab bersama menjaga bantuan dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Dia berharap, para petani dan kelompok tani bisa saling menjaga komitmen, untuk mempertahankan eksistensinya dibidang pertanian. Sehingga, pada akhirnya dapat melahirkan solidaritas kelompok tani di desa setempat.

“Usahakan dengan adanya bantuan ini, bisa di manfaatkan sebaik-baiknya, serta digunakan sesuai dengan porsi-porsi yang sudah disiapkan,” kata dia.

BACA JUGA : Harga Komoditas di Parimo, Jauh Dari Harga Normal

BACA JUGA : Pemda Parimo Gelar Publikasi Data Komponen Inflasi

Selain itu, pengawasan ekstra optimal, perlu dilakukan karena bantuan tersebut diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Parimo diberbagai aspek pembangunan ekonomi.

“Ini adalah program Bank Indonesia diberikan kepada kelompok Tani Sumber Mulyo Desa Sumbersari, sekaligus penyerahan Peningkatan Kapasitas Petani (PSBI) di berikan oleh Oriza Tani dan Dewi Drupadi,” pungkasnya.

Laporan : Abd. Farid

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: KONTEN DILINDUNGI!!