Ragam  

Kenaikan Pajak Kendaraan Bermotor di Sulteng Mencapai Miliaran

Kenaikan Pajak Kendaraan Bermotor di Sulteng Mencapai Miliaran
Penandatanganan kerja sama antara Samsat, Polda, dan Bapenda Sulteng dalam rapat koordinasi yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Palu pada Kamis, 24 Agustus 2023. (Foto: Istimewa)

JURNAL LENTERA, PALU – Berdasarkan data Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terdapat kenaikan pajak kendaraan bermotor (PKB) dalam lima tahun terakhir sejak 2019, yang mencapai miliaran rupiah.

Menurut Kepala Bidang Pajak Bapenda Sulteng Muhammad Nur, pada 2019, terjadi kenaikan PKB senilai Rp245 miliar dari realisasi Rp244 miliar.

Pada 2020 dan 2021, nilai tersebut mengalami kenaikan hingga Rp269 miliar. Kondisi yang sama juga terjadi di 2022, terjadi lonjakkan PKB sebesar Rp67 miliar menjadi Rp336 miliar.

“Bahkan, pada Juli 2023, tercatat realisasi PKB telah berada di angka Rp177 miliar,” ujar Muhammad Nur, dalam rapat koordinasi tim pembina Samsat Sulteng yang turut dihadiri pihak Dirlantas Polda setempat di salah satu hotel di Kota Palu pada Kamis, 24 Agustus 2023.

BACA JUGA: Rusdy Mastura: PAD Sulteng Mencapai Rp2 Triliun

Berkaitan dengan itu, menurut Muhammad Nur, rapat koordinasi tim pembina Samsat Sulteng tersebut dinilainya sebagai upaya mengintegrasikan data kendaraan bermotor (Ranmor).

BACA JUGA: Gubernur Sulteng Akan Terima Penghargaan World Peace Award

Ia juga menilai, rapat koordinasi tersebut sangat penting, agar adanya kolaborasi anatar instansi dalam upaya meningkatkan efisiensi dan akurasi pengelolaan data. Dengan begitu, implementasi sistem single data ranmor dengan sistem ini diharapkan akan terintegrasi dengan baik antar instansi terkait.

“Pentingnya strategi pemerintah dalam mengoptimalkan penerimaan pajak. Kami berharap semua pihak dapat bekerjasama dengan baik,” pungkasnya.

Laporan : Roy Lasakka Mardani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *