Kementerian PUPR Bangun Pengaman Pantai Gelora Senilai Miliaran di Sumbawa

Kementerian PUPR Bangun Pengaman Pantai Gelora Senilai Miliaran di Sumbawa
Pengaman pantai gelora yang dibangun Kementerian PUPR melalui BWS Nusa Tenggara I Direktorat Jenderal Sumber Daya Air di Sumbawa, NTB. (Foto: Dok Kementerian PUPR)

JURNAL LENTERA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun pengaman pantai gelora senilai Rp17,5 miliar di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pengaman pantai gelora yang dikerjakan PT Ibnu Munsyir Dwi Guna dengan konsultan supervisi PT Geodinamik Konsultan KSO CV KMC pada Agustus-Desember 2023, sebagai upaya pemerintah melindungi masyarakat yang bermukim di pesisir pantai dari gelombang laut dan abrasi.

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pembangunan pengaman pantai gelora ini dilaksanakan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I Direktorat Jenderal Sumber Daya Air.

BACA JUGA: Kementerian PUPR Targetkan Penyelesaian Rekonstruksi Jembatan Palu IV Desember 2024

“Selain itu, pengaman juga dibangun di Sungai Menini, sekitar lokasi pantai gelora. Pengaman ini dibangun menggunakan revetment beton sepanjang 181 meter dan dua buah bangunan jetty sepanjang 30 meter,” jelas Menteri Basuki, melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 18 Juni 2024.

Khusus pekerjaan Sungai Menini, kata dia, pihaknya juga melaksanakan konsep pengendalian banjir dengan penguatan tebing masing-masing sepanjang 152 meter serta kegiatan normalisasi sepanjang 500 meter.

BACA JUGA: Indonesia Maju Expo dan Forum 2024, Dukungan Kemendagri Terhadap UMKM

“Pembangunan pengaman pantai akan melindungi pantai dari resiko abrasi dan erosi akibat terjangan ombak. Sehingga akan melestarikan vegetasi dan kawasan permukiman di sekitar pantai,” kata Menteri Basuki.

Laporan : Moh. Reza Fauzi

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *