Transformasi Perpustakaan, Pj Bupati Parigi Moutong: Tingkatkan SDM

Transformasi Perpustakaan, Pj Bupati Parigi Moutong: Tingkatkan SDM
Pj Bupati Richard, menyaksikan salah satu rangkaian dalam kegiatan SHM yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Parigi Moutong di aula lantai II Kantor Bupati setempat, Sabtu, 9 Maret 2024. (Foto: Dok Diskominfo Parigi Moutong)

JURNAL LENTERA, PARIGI MOUTONG – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Parigi Moutong melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyelenggarakan Stakeholder Meeting (SHM) di aula lantai II Kantor Bupati setempat, Sabtu, 9 Maret 2024. Kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan perpustakaan desa dan perpustakaan sekolah ini dibuka oleh Pj Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo Djanggola.

Dalam sambutannya, Richard menyampaikan, transformasi perpustakaan merupakan upaya strategis untuk meningkatkan literasi masyarakat menuju hidup yang lebih sehat dan sejahtera.

BACA JUGA: Rakornis Bidang Perpustakaan Sulteng Dipusatkan di Banggai

Namun, menurutnya, untuk mentransformasi perpustakaan, komponen penting yang perlu diperhatikan adalah peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) perpustakaan itu sendiri.

“Sehingga dapat mengelola dan memberikan layanan yang berkualitas serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA: Bimtek Pemberkasan Arsip, Sekda Parigi Moutong: Arsip Itu Penting

Dia mengatakan, tujuan umum program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, tentunya terciptanya masyarakat sejahtera melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa program yang harus dilaksanakan.

“Beberapa strategi utama dari program itu, salah satunya pengembangan kapabilitas perpustakaan melalui bimbingan teknis dan pendamping rutin terkait strategi-strategi untuk mentransformasikan pelayanan perpustakaan,” tandasnya.

Laporan : Multazam

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *