banner 1280x180

Dihantam 50 Tornado, Korban Tewas di AS Jadi 100 Orang Lebih

  • Bagikan
Ilustrasi

JURNAL LENTERA – Sebanyak 50 tornado mematikan menghantam enam negara bagian Amerika Serikat, terutama Kentucky, sejak Jumat pekan lalu hingga diperkirakan menewaskan lebih dari 100 orang.

Keenam negara bagian itu antara lain Arkansas, Illinois, Indiada, Kentucky, Mississippi, Missouri, Ohio, dan Tennessee, menurut Pusat Prediksi Badai AS.

Sebanyak 100 korban meninggal dunia terdapat di wilayah Kentucky sendiri. Pihak berwenang menuturkan jumlah korban meninggal akan bertambah termasuk dari wilayah AS lainnya yang juga terkena dampak tornado seperti Arkansas, Illinois, Mississippi, Missouri, dan Tennessee.

Puluhan tornado mematikan ini menghancurkan hampir seluruh bangunan yang dilewatinya, termasuk sebuah pabrik lilin, kantor pemadam kebakaran, hingga kantor polisi di Kentucky.

Gubernur Kentucky Andy Beshear mengatakan sebanyak 40 orang berhasil diselamatkan dari reruntuhan pabrik lilin di Mayfield, sementara lebih dari 60 orang lainnya masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan tersebut.

“Akan menjadi sebuah keajaiban menemukan orang lain yang selamat di bawah reruntuhan ini,” kata Beshear.

Kepala Pemadam Kebakaran Mayfield Jeremy Creason, mengatakan bahwa pabrik lilin itu menjadi “tumpukan logam, baja, dan mesin yang bengkok”. Ia menuturkan timnya terkadang harus “merangkak di atas korban tewas untuk menemukan korban lain yang masih hidup.”

Sebuah panti jompo di Missouri dan gudang Amazon di Illinois juga porak-poranda akibat tornado yang tidak biasa ini. Sejauh ini, setidaknya enam pekerja gudang Amazon tewas akibat tornado ini.

Dikutip Reuters, Beshear mengatakan puluhan tornado ini menjadi yang paling mematikan dalam sejarah negara bagian itu.

“Kehancuran akibat tornado ini belum pernah saya lihat dalam hidup saya dan saya kesulitan mengungkapkannya dengan kata-kata. Kemungkinan besar lebih dari 100 orang hilang di Kentucky akibat ini,” ucap Beshear.

Beshear mengatakan 189 personel Garda Nasional telah dikerahkan untuk membantu penyelamatan dan pemulihan. Upaya penyelamatan sebagian besar akan difokuskan di Mayfield, rumah bagi sekitar 10.000 orang di sudut barat daya negara bagian di mana ia bertemu dengan Illinois, Missouri dan Arkansas.

Video dan foto yang diposting di media sosial menunjukkan bangunan bata di pusat kota Mayfield rata dengan tanah. Kendaraan yang terparkir daerah itu hampir terkubur di bawah puing-puing bangunan.

Sebuah menara di gedung pengadilan Graves County yang bersejarah juga runtuh hancur akibat tornado dan Gereja First United Methodist di dekatnya juga rusak sebagian akibat angin puting beliung tersebut.

Tornado juga mengakibatkan pemadaman listrik massal yang dirasakan hampir 70 ribu penduduk Kentucky.

Akibat bencana ini, Presiden Joe Biden mendeklarasikan status darurat untuk Kentucky.

Deklarasi ini memberikan kewenangan bagi Kementerian Keamanan Dalam Negeri dan Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) untuk mengoordinasikan segala upaya penanggulangan bencana.

Artikel ini pertama kali terbit di CNNIndonesia

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: KONTEN DILINDUNGI!!