Ragam  

Pemprov Sulteng Targetkan Capaian Akses Air Minum 98 Persen

Pemprov Sulteng Targetkan Capaian Akses Air Minum 98 Persen
Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Moh. Faisal Mang, mewakili Gubernur H. Rusdy Mastura saat memberikan sambutan dalam kegiatan peringatan Hari Air Sedunia yang dilaksanakan di Halaman Kantor Cikasda Sulteng, Sabtu, 18 Maret 2023. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

JURNAL LENTERA, PALU – Peringatan Hari Air Sedunia ke-31 yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) digelar dengan beragam kegiatan di halaman Kantor Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air (Cikasda) Sulteng di Jalan Prof. Moh. Yamin Nomor 33 Kota Palu, Sabtu, 18 Maret 2023.

Rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Air Sedunia, yakni fun walk, senam bersama, pembagian doorprize serta pengumuman pemenang lomba internal yang sebelumnya telah dilaksanakan, diantarannya lomba mewarnai dan bercerita tingkat SD.

Kegiatan yang mengusung tema mempercepat perubahan untuk mengatasi krisis air dan sanitasi ini dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Moh. Faisal Mang, mewakili Gubernur H. Rusdy Mastura.

Dalam sambutannya, Faisal Mang menyampaikan, dalam pelayanan air minum dan sanitasi di Sulteng, pencapaian akses air minum 2021 sebesar 84,6 persen dan akses sanitasi 2021 mencapai 74,61 persen.

Sedangkan target yang akan dicapai di 2023, untuk capaian akses air minum 98 persen dan akses sanitasi 95 persen.

BACA JUGA: Pemprov Sulteng Akan Memperingati Hari Air Sedunia

Ia menjelaskan, ini membutuhkan kerja keras bersama, agar pelayanan air bersih dan sanitasi serta pengelolaan sumber daya air lebih terpadu.

Selain itu, secara menyeluruh demi tercapainya kesejahteraan seluruh masyarakat, khususnya di Sulteng.

“Saya yakin, ini adalah wujud kepedulian pengelolaan air di kita dan kebersamaan diantara kita sebagai anak bangsa di Sulteng,” ujarnya.

BACA JUGA: Rakornis Bidang Perpustakaan Sulteng Dipusatkan di Banggai

Di tempat yang sama, Plt. Kepala Dinas Cikasda Sulteng Andi Ruly Djanggola, Hari Air Sedunia adalah hari yang diperingati sebagai usaha untuk menarik perhatian masyarakat sedunia mengenai pentingnya air bersih bagi kehidupan dan sebagai usaha penyadaran guna melindungi sumber daya air bersih secara berkelanjutan.

Selain itu, untuk melindungi krisis air, dimulai dari tindakan dan aktivitas di lingkungan rumah.

“Jadi, percuma kita menyampaikan bagaimana melindungi krisis air dan memanfaatkan air kalau di dalam rumah kita saja, keran yang bocor atau rusak tidak diganti. Sama halnya air dibiarkan terus mengalir, terbuang tanpa dimanfaatkan,” Andi Ruly Djanggola dalam sambutannya.

Sumber : Humas Pemprov Sulteng

Respon (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *