Berkunjung ke Uzbekistan, Wapres Temui Diaspora Indonesia

Berkunjung ke Uzbekistan, Wapres Temui Diaspora Indonesia
Wapres K. H. Ma'ruf Amin bersama Hj. Wury Ma'ruf Amin saat akan berdialog dengan diaspora Indonesia di Uzbekistan di ruang Amudarya 1, Hotel Intercontinental Tashkent, Selasa, 13 Juni 2023. (Foto: Dok Setwapres)

JURNAL LENTERA, UZBEKISTAN – Berkunjung ke Uzbekistan, Wakil Presdien (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin menemui dan berdialog dengan Diaspora Indonesia yang terdiri dari para pelajar dan tenaga professional, bertempat di ruang Amudarya 1, Hotel Intercontinental Tashkent, Selasa, 13 Juni 2023.

Dalalm kesempatan ini, Wapres berdiskusi secara langsung dan mendengar aspirasi dari para Warga Negara Indonesia (WNI) di Uzbekistan.

Wapres menyampaikan, agar para diaspora terus menguatkan komitmen kebangsaan, diantaranya melalui ilmu dan pengalaman yang didapatkan selama di luar negeri.

Menurutnya, perbaikan segala aspek di Indonesia, khususnya dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, salah satunya dapat didukung melalui pemanfaatan ilmu dan pengalaman.

“Diaspora Indonesia perlu menggali aspek-aspek positif di luar negeri sebagai bekal untuk mengusung perbaikan Indonesia,” ujarnya.

BACA JUGA: Trenggono Segel Wilayah Reklamasi 3.000 Meter Persegi di Batam

Wapres juga berpesan selama berada jauh dari kampung halaman, agar para diaspora mampu menjaga kerukunan dan harmoni dalam keberagaman.

“Terus menjaga harmoni, solidaritas dan kerukunan sesama masyarakat Indonesia di luar negeri,” katanya.

BACA JUGA: Kuota Ekspor Sarang Burung Walet ke Tiongkok Bakal Bertambah

Dalam kesempatan itu, Wapres juga turut menyisipkan pesan khusus jelang memasuki tahun politik pada pemilihan umum 2024, agar para diaspora dapat semakin menjaga dan menghargai satu sama lain, tanpa memecah ikatan kebangsaan.

“Agenda Pemilu 2024 jangan sampai memecah ikatan kebangsaan, tetapi mari rayakan Pemilu dengan kegembiraan dan jauh dari sikap permusuhan,” ujar Wapres.

Pada kesempatan yang sama, Wapres mengingatkan dengan semakin berkembangnya industri, agar para diaspora dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin, seperti memilih informasi secara bijak dari sumber yang kredibel.

“Gunakan kemajuan digital untuk mengabarkan pesan yang benar, penuh kebaikan, dan santun,” ujar Wapres.

“Alangkah baiknya kita terus memilih dan memilah informasi yang tepat, seraya mencegah hoaks dan menghindari benturan pandangan yang keras,” imbuhnya.

Di sisi lain, Wapres juga menekankan agar para diaspora di Uzbekistan dan masyarakat Indonesia pada umumnya, selain terus merawat komitmen kebangsaan, juga selalu memegang prinsip toleransi, dan anti terhadap kekerasan sebagai upaya dalam menjaga kerukunan antar sesama.

Wapres juga mengaku mendukung penuh upaya inovasi dan gagasan para diaspora Indonesia di wilayah Uzbekistan dan sekitarnya untuk dapat menjadi rujukan formulasi kebijakan nasional.

“Saya akan terus menanti gagasan, inovasi, dan pandangan dari masyarakat Indonesia di Uzbekistan dan sekitarnya, guna menjadi pengayaan formulasi kebijakan nasional, serta bagian dari agenda transformasi ekonomi Indonesia yang inklusif serta berkelanjutan,” pungkasnya.

Laporan : Roy Lasakka Mardani/**

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *