banner 1280x180

DLH Parimo Bentuk Satuan Karya Kalpataru

  • Bagikan
Pengurus dan calon anggota Saka Kalpataru yang dibentuk DLH Parimo berpose bersama, Jum'at, 17 Desember 2021. (Foto: Istimewa)

JURNAL LENTERA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, membentuk Satuan Karya (Saka) Kalpataru, Jum’at, 17 Desember 2021.

“Saka Kalpataru ini binaan DLH Parimo” ujar Kepala Bidang I Penataan dan Penaatan Lingkungan Hidup (PPLH) di DLH Kabupaten Parimo, Muh. Idrus, S.Pi., M.A.P, yang juga selaku Ketua Harian Saka Kalpataru.

Dia mengatakan, pembentukan Saka Kalpataru ini berdasarkan Peraturan (Permen) Lingkungan Hidup.

Tugas Saka Kalpataru, kata dia, nantinya akan membantu kerja-kerja DLH setempat.

Sedangkan peserta yang direkrut sebagai anggota angkatan pertama Saka Kalpataru ini, berasal dari siswa dan siswi SMA dan SMK.

BACA JUGA: Pemda Parimo Diberikan Sosialisasi Penghargaan Kalpataru

BACA JUGA: Begini Tanggapan DPRD Parigi Moutong terkait Pernyataan Pemerhati Lingkungan

Siswa dan siswi ini akan mengikuti kegiatan pengukuhan selama tiga hari sebagai tahapan untuk menjadi anggota Saka Kalpataru.

Dalam kegiatan tersebut, siswa dan siswi ini akan diberikan materi lingkungan hidup dan pengelolaannya.

“Kami wajib memberikan materi lapangan secara langsung. Materinya seputar pengelolaan sampah, mitigasi lingkungan, metode pembibitan yang baik, dan teknik penanaman bibit,” ucap Idrus.

Dia menambahkan, untuk angkatan pertama Saka Kalpataru ini berjumlah sebanyak 21 orang, terdiri dari sembilan putra dan 12 putri.

“Kami berharap, semua materi yang didapatkan selama tiga hari kedepan bisa bermanfaat. Kami juga berharap Saka Kalpataru ini bisa lebih berkarya untuk lingkungan, bangsa, dan tanah air,” tandasnya.

BACA JUGA: Kajian Kadar Logam Berat, Lingkungan Pertambangan di Parigi Moutong Akan Diteliti

Laporan : Abd. Farid

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: KONTEN DILINDUNGI!!