banner 1280x180

Stok Daging Sapi di Parimo Kelebihan

  • Bagikan
Ilustrasi

JURNAL LENTERA – Stok daging sapi di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, mengalami kelebihan atau surplus.

“Berdasarkan catatan kami, populasi ternak sapi sepanjang 2021, sebanyak 32 ribu ekor. Dari total 32 ribu ekor itu, diperkirakan 10 persen yang dikomsumsi atau diperdagangkan,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Parimo, Amir Syarifudin, saat menyampaikan laporannya di rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) pada Selasa, 14 Desember 2021.

Dia mengatakan, ketersediaan stok daging sapi dengan jumlah populasi ternak tersebut, dipastikan dapat memenuhi kebutuhan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022.

Diperkirakan, diakhir Desemeber 2022, diestimasikan berjumlah 34.100 ekor ternak.

BACA JUGA: Pemda Parimo Jamin Kendalikan Harga Sembako

Sedangkan untuk meningkatkan populasi ternak, pihaknya telah melakukan berbagai program. Diantaranya, Pakan Swab dengan tujuan menjadikan ternak sapi wajib bunting.

“Jika ada sapi betina yang sudah cukup usia dan tidak bunting, segera laporkan kepada kami. Dengan program ini, kami akan membantu, karena itu sudah menjadi tugas kami,” katanya.

Selain itu, ada pula program Inseminasi Buatan (IB) yang bertujuan membantu para peternak.

Nantinya, petugas yang telah dibentuk mendatangi para pemilik ternak.

Menurutnya, sektor peternakan semakin diperhatikan.

BACA JUGA: Wabup Badrun Pimpinan Rapat TPID, Pertahankan Kestabilan Harga

Ditambah lagi, adanya program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (Sikomandan) yang menjadi andalan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian.

Tujuannya, untuk meningkatkan populasi dan produksi sapi maupun kerbau di Indonesia.

“Program Sikomandan tahun ini, juga kami sudah laksanakan di Kabupaten Parimo. Kabupaten Parimo ditargetkan sekitar 3.500 ekor dan telah terealisasi hingga diangka 104 persen. Capaian itu sudah melebihi target yang diberikan oleh pemerintah pusat,” tandasnya.

Laporan : Abd. Farid

banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: KONTEN DILINDUNGI!!